Tugas-tugas dan Tanggung Jawab Pekerjaan Kontraktor yang Tidak Boleh Dibiarkan

Dari sisi orang awam, kontraktor hanya bertugas merealisasikan rancangan pemilik proyek agar menjadi hasil bangunan yang diinginkan pemiliknya. Tapi, masih ada tugas mau pun tanggung jawab pekerjaan kontraktor yang tidak semua orang awam tahu.

Tugas dan tanggung jawabnya tidak hanya menyelesaikan bangunan pemilik proyek saja, tapi masih ada banyak lainnya yang perlu mereka kerjakan. Berikut beberapa hal yang tidak boleh dibiarkan dalam bekerja sebagai kontraktor.

Pekerjaan Kontraktor Tidak Gampang Ada Tugas Dan Tanggung Jawab Yang Harus Dipenuhi

1. Pekerjaan harus sesuai dengan peraturan

Pekerjaan kontraktor tidak boleh dilakukan asal-asalan. Meski mereka sudah menerima proyek, ada hal lain yang harus mereka pertanggung jawabkan, salah satunya adalah mengerjakan proyeknya harus sesuai dengan aturan atau mengikuti RKS. Mereka harus paham tentang spesifikasi yang diberikan pemilik proyek agar tidak mengalami resiko yang besar.

2. Membuat laporan ke pemilik proyek

Bekerja sebagai kontraktor harus dituntut untuk rajin-rajin memberikan laporan ke pemilik proyek. Setiap hari, mingguan, dan bulanannya tugas itu sudah menjadi tanggung jawab kontraktor agar pemilik proyek tahu sampai mana batas pengerjaan proyeknya. Kalau ada hal janggal, bisa langsung diketahui dan diselesaikan.

3. Menjaga kecepatan pengerjaan proyek

Tugas dan tanggung jawab dari pekerjaan kontraktor yang sangat penting adalah menjaga kecepatan pengerjaan proyek. Mereka harus secara konsisten cepat mengerjakannya karena diberikan deadline tertentu dari pemilik proyek. Semakin cepat pengerjaannya, maka pemilik proyek pun semakin percaya dengan kemampuan kontraktor itu.

4. Menyediakan sumber daya yang diperlukan

Sebagai kontraktor, kamu tidak hanya dituntut menyelesaikan proyek, tapi juga harus menyediakan sumber daya yang dibutuhkan oleh pemilik proyek. Mulai dari tenaga kerjanya, peralatan proyek, bahan material bangunan, dan sebagainya. Sumber daya itu harus dilengkapi dengan baik agar pengerjaan proyek berjalan dengan lancar.

5. Keamanan dan kenyamanan proyek harus dijaga

Lokasi proyek harus kontraktor jaga agar orang lain diluar proyek masuk ke dalamnya. Kenyamanan dan keamanannya sangat penting dijaga agar tidak terjadi kendala dengan proses pembangunannya. Selain dari pemilik proyek, orang lain tidak diperbolehkan masuk karena bisa mengganggu pengerjaannya.

Itulah beberapa tugas dan tanggung jawab pekerjaan kontraktor yang perlu kamu tahu. Tidak asal membangun saja, tapi ada hal lainnya yang perlu mereka pertanggung jawabkan agar proyeknya terselesaikan dengan baik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *