Cara menyembuhkan hipertensi dengan mudah

Hipertensi menjadi salah satu penyakit dimana banyak dialami oleh masyarakat baik itu orang dewasa, remaja bahkan anak-anak. Ini merupakan kondisi dimana darah mengalir ke pembuluh darah arteri dengan tekanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi yang normal. Seseorang yang terkena penyakit ini bisa saja merasakan gejala ataupun tidak merasakan gejala.

Penyakit ini apabila dibiarkan begitu saja dan berlangsung lama tanpa adanya kontrol maupun penanganan, maka akan menyebabkan beberapa gejala pada kerusakan organ tubuh seperti bisa menyebabkan strok, jantung koroner hingga gagal ginjal. Bahkan pada kasus yang parah, penyakit inipun ternyata bisa menimbulkan adanya kematian pada pasiennya.

Umumnya, ada berbagai macam hal yang dapat menyebabkan risiko terkena penyakit hipertensi ini. Untuk mengetahui bagaimana pengobatan maupun pencegahannya, maka langkah paling utama adalah dengan mengetahui apa saja penyebabnya serta faktor yang mempengaruhinya.

Cara menyembuhkan hipertensi dengan mudah

Kebiasaan Buruk Penyebab Hipertensi

Tidak hanya disebabkan oleh usia, faktor generic ataupun jenis kelamin, ternyata penyebab dari hipertensi bisa dikarenakan sejumlah kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh masyarakat. Untuk mengetahui lebih jauh lagi, berikut beberapa kebiasaan dimana dapat meningkatkan risiko untuk terkena tekanan darah yang tinggi.

1. Pola makanan yang tidak sehat

Kebiasaan menambahkan garam pada masakan memang sudah tidak bisa dipisahkan oleh sebagian besar orang. Hal ini karena garam bisa meningkatkan rasa pada masakan yang sedang anda buat tersebut. Tetapi tahukah anda apabila kebiasaan mengkonsumsi garam terutama dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Selain mengkonsumsi makanan yang tinggi garam, kebiasaan mengkonsumsi makanan rendah serat, makanan dengan kandungan lemak tinggi dan lemak trans ternyata juga dipercaya sebagai penyebab dari tekanan darah tinggi pada tubuh.

2. Stress yang berkepanjangan

Stress menjadi kondisi dimana dapat terjadi pada siapapun. Stress sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam hal mulai dari tekanan di sekolah, di tempat kerja ataupun di lingkungan rumah. Seseorang yang mengalami stress biasanya akan memiliki mood yang berubah-ubah.

Kondisi ini sebenarnya tidak boleh disepelekan begitu saja. Apabila dibiarkan begitu saja maka dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Hal ini tidak lain karena ketika stress, maka tubuh anda bisa melepaskan hormone kortisol dan adrenalin yang dapat meningkatkan denyut jantung. Itulah mengapa agar anda tidak terkena tekanan darah tinggi, cobalah mencari cara untuk memperbaiki kondisi stress.

3. Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan ternyata juga dipercaya menjadi penyebab dari hipertensi berikutnya. Seseorang dapat dikatakan mengalami obesitas apabila indeks massa tubuh diatas 25. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena semakin berat massa tubuh ternyata darah yang dibutuhkan untuk mengantar oksigen maupun nutrisi semakin besar. Inilah yang menyebabkan jantung bekerja lebih ekstra.

4. Kurang olahraga

Salah satu kebiasaan buruk yang jarang disadari menjadi penyebab tekanan darah tinggi berikutnya adalah kurang olahraga. Hal ini tidak lain karena detak jantung seseorang yang kurang bergerak biasanya akan lebih cepat. Inilah yang akan berimbas pada tekanan darah yang menjadi tinggi.

5. Konsumsi alcohol dan merokok

Rokok dan alcohol memang seakan sudah tidak bisa dilepaskan dari kebiasaan masyarakat sekarang. Tetapi ternyata keduanya dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Terlebih lagi alcohol bisa menyebabkan obesitas. Sedangkan nikotin didalam rokok bisa meningkatkan tekanan darah.

Demikian beberapa kebiasaan penyebab hipertensi yang jarang disadari. Untuk anda yang ingin mendapatkan informasi lebih jauh mengenai penyakit ini, segera cek direktori penyakit di SehatQ untuk mengetahui bagaimana penanganan dan pencegahannya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *