Jangan Pernah Lakukan Kesalahan Pengguna Motor Matic Berikut Ini

Motor matic terkenal karena kemudahan dalam pengoperasiannya. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat beberapa kesalahan pengguna motor matic yang menyebabkan usia motor tersebut menjadi tidak panjang? Berikut ini adalah kesalahan yang paling sering terjadi dan sebaiknya tidak Anda lakukan jika Anda memiliki motor matic.

Hindari Kesalahan Menggunakan Motor Matic Ini

Mencuci Motor Dalam Keadaan Panas Akan Membuat Mesin Cepat Rusak

1. Mengegas dan mengerem secara mendadak

Terkadang seseorang memang dihadapkan dengan kondisi terburu-buru. Namun, hal itu tidak bisa digunakan untuk membenarkan memacu gas dan rem dengan tiba-tiba. Untuk motor matic yang masih memiliki usia baru hal ini memang tidak akan terlalu terlihat dampaknya. Namun, semakin lama Anda melakukan kebiasaan buruk ini, bisa dipastikan umur motor Anda tidak akan bertahan lama.

2. Mengegas sambil menahan rem

Biasanya kesalahan ini dilakukan ketika berada dalam kondisi macet. Agar tidak kebablasan dalam mengegas, seseorang akan mengegas sekaligus menahan rem. Padahal, terlalu sering melakukan hal ini akan membuat kampas cepat aus. Sebaiknya, tarik gas secara perlahan untuk mendapatkan kecepatan yang lebih lambat.

3. Tidak pernah mengganti oli gardan

Ada dua jenis oli yang perlu diperhatikan di motor matic, yakni oli mesin dan oli gardan. Oli ini memiliki peran yang cukup penting dalam hal melindungi gesekan dan membuat kerja komponen pada transmisi menjadi terjaga. Oli gardan perlu diganti setiap 8.000 km perjalanan. Jadi, jangan pernah melupakan kondisi oli yang satu ini.

4. Mencuci motor pada saat mesin panas

Apakah Anda pernah mencuci motor Anda ketika dalam keadaan mesin masih panas? Jika iya sebaiknya Anda tidak mengulangi kebiasaan tersebut. Hal ini karena akan berdampak negatif pada mesin motor Anda. Motor matic memiliki komponen yang mayoritas terbuat dari bahan logam. Ketika terkena air saat masih panas, ini akan membuat bentuk aslinya berubah dan mempengaruhi presisinya.

5. Menggunakan bahan bakar dengan oktan rendah

Masalah bahan bakar juga tidak boleh dikesampingkan. Semakin bertambahnya waktu, produksi motor matic semakin memiliki teknologi yang tinggi. Untuk mengimbangi hal tersebut, dibutuhkan bahan bakar dengan oktan tinggi. Setidaknya, jika Anda memiliki motor matic dengan teknologi terbaru, gunakan bahan bakar dengan oktan minimal 90 untuk mendapatkan performa maksimal.

Jadi, apakah Anda pernah melakukan satu dari hal-hal di atas? Jika iya, sebaiknya segera tinggalkan dan berusaha untuk menjaga motor Anda lebih baik lagi agar bisa berumur panjang dan memiliki performa yang optimal.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *