Dengan adanya menu tersebut pada HP Samsung ataupun ponsel lainnya ternyata akan memberikan banyak manfaat lho. Salah satu yang paling terlihat adalah user bisa melakukan factory reset atau mengembalikan pengaturan smartphone seperti dalam kondisi awal. Terutama ketika pengguna tidak dapat masuk ke dalam sistem android karena terkunci oleh pola ataupun pin.

Sebab nantinya dengan menggunakan fitur inilah maka secara otomatis mampu menghapus pola atau pin sekaligus mengembalikannya seperti posisi default. Bukan hanya dapat digunakan buat mengatasi lupa pin saja, tetapi menurut ppdbkepri.id juga bisa mengatasi kerusakan atau error pada menu settings di smartphone.

Jika pengguna mengalami masalah tersebut maka dapat masuk ke wipe data atau factory reset sehingga pengaturannya akan kembali seperti semua. Semua data didalamnya sendiri ternyata akan terhapus dan tampilannya akan kembali dalam posisi semula.

Bahkan manfaat lainnya yakni dapat digunakan buat melakukan update sistem melalui SD card atau apply update from SD card ataupun melalui komputer. Disamping itu juga bisa untuk proses root, install aplikasi google, font, tema dan masih banyak lagi.

Cara Masuk ke Menu Recovery Mode Samsung

Sampai disini, para pemilik HP Samsung pastinya bertanya-tanya bagaimanakah cara masuk fitur tersebut bukan? nah, buat masuk  sendiri terdapat beberapa cara yang bisa dipilih. Dan cara dibawah bisa diterapkan di hampir semua tipe HP dari pabrikan asal Korea Selatan tersebut. Supaya lebih jelas, berikut beberapa langkah dimana dapat dilakukan.

Menggunakan Kode Rahasia

Apabila ponsel anda masih dapat mengakses halaman home, maka dapat menggunakan kode rahasia tersebut pada Samsung. Cara melakukannya bisa dilakukan pada menu telefon atau panggilan dalam ponsel. Kemudian ketikkan )2767)3855#. Nantinya, user bakal langsung dihadapkan pada pilihan menu baru.

Menggunakan Pengaturan

Selain dapat memanfaatkan kode rahasia, anda juga bisa melakukannya via menu settings atau pengaturan pada ponsel. Sama seperti dengan sebelumnya, cara inipun hanya dapat dilakukan apabila kondisi ponsel masih tetap menyala sehingga lebih mudah jika akan melakukan reset. Berikut beberapa langkah buat menggunakan cara tersebut yakni

  1. pilih menu pengaturan pada ponsel
  2. kemudian managemen umum
  3. tab pada sub menu reset
  4. kemudian reset data pabrik

saran kami sebelum anda melakukan reset tersebut ada baiknya harus  melakukan backup terlebih dahulu ke dalam cloud seperti Google Drive.

 Menu Recovery Mode

Ini adalah poin utama apabila anda ingin melakukan reset tetapi kondisi ponsel sudah tidak bisa akses menu Home alias mengalami bootloop atau apabila dihidupkan, layar hanya dapat bergetar saja ataupun masalah seperti lupa Pin.

Seperti sudah disinggung sebelumnya, ini adalah fitur bawaan dimana bisa dijumpai pada semua merk smartphone termasuk Samsung. Langkah-langkah dalam mengakses fitur menu recovery tersebut antara lain

  1. Pastikan ponsel dalam keadaan mati dengan baterai minimal 50%
  2. Jika sudah, tekan tombol home+power+volume atas secara bersamaan dalam waktu beberapa saat
  3. Nantinya akan langsung muncul logo Samsung dan lepaskan semua tiga simbol tersebut
  4. Tunggulah beberapa saat hingga berhasil mengakses recovery mode
  5. Apabila telah muncul, cobalah gunakan volume atas dan bawah sebagai navigasi. Dan tombol home ketika akan memilih.

Tidak Bisa Masuk ke Recovery Mode, Ini Penyebabnya

Memang keberadaan fitur inipun dapat mengatasi hampir semua permasalahan pada smartphone, tetapi masalah lainnya adalah sebagian besar dari pengguna justru mengaku kesulitan buat mengakses layanan tersebut. Ternyata terdapat sejumlah penyebab mengapa smartphone tak bisa mengakses fitur menu tersebut diantaranya adalah

  1. Terdapat salah satu tombol mengalami error
  2. Salah dalam melakukan pemasangan recovery custome
  3. Hingga kesalahan ketika memasang custom ROM.

Dari semua penyebab diatas, ternyata yang paling sering terjadi adalah karena kesalahan dalam memasang customer ROM tersebut sehingga menyebabnya menjadi sebuah bug. Tidak hanya itu saja, pengguna juga harus mengetahui apakah sudah benr dalam menekan tombol ataukah belum?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.