March 28, 2024

Belakangan ini, salah satu model rumah unik yang sedang populer adalah rumah berbentuk sepatu, khususnya sepatu boot. Rata-rata yang memilih desain rumah sepatu ini memang menyukai item fashion tersebut atau ingin memanfaatkan lahan yang terbatas semaksimal mungkin karena gaya hunian tersebut memang tidak memerlukan banyak bidang disertai penataan ruang efisien.

Rumah Ufo

Rumah UFO

Bangunan rumah yang unik ini merupakan rumah bergaya pesawat terbang alien pertama di dunia, sebelum kemudian muncul rumah-rumah UFO lain dengan desain lebih eksentrik. Tetapi tetap saja, si pelopor tidak dapat disingkirkan dengan mudah. Di Indonesia, rumah ini memiliki konsep seperti rumah panggung, dengan penyangga di sudut-sudut rumah.

Underground House

Untuk wilayah dengan permasalahan cuaca yang ekstrem, mungkin dapat menerapkan konsep underground house atau rumah bawah tanah berikut ini. Maksudnya adalah rumah berada di dataran rendah dan terbenam di tanah menyerupai goa. Tanah sendiri memiliki kemampuan untuk menetralisir udara dengan baik sehingga tinggal di sini akan terhindar dari problematika cuaca.

Upside Down House

Konsep rumah unik terakhir ini akan membuat geleng-geleng kepala, bahkan sang pemilik sekalipun. Terinspirasi dari film Hollywood Upside Down tentang dunia atas dan bawah, maka rumah terbalik ini pun tercipta dan belakangan justru menjadi tren di berbagai belahan dunia. Meski tampak luar seperti rumah terguling, interiornya seperti rumah pada umumnya.

Menjadi Berbeda Melalui Desain Rumah Pribadi

Desain rumah-rumah di atas memang “gila”, tetapi sukses untuk menciptakan tren baru pada bidang arsitektur dan mematahkan stigma bahwa rumah tinggal yang nyaman haruslah berbentuk konvensional. Selain itu, rumah-rumah tersebut sekaligus dapat menjadi interpretasi keunikan diri pemiliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *