Salah satu varian yang modern untuk standar cincin pertunangan ataupun pernikahan adalah cincin emas putih. Tentunya Anda menginginkan cincin dari emas putih yang asli kan? Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah cincin emas wanita yang digunakan atau dibeli benar benar asli atau palsu.

Berikut dibawah ini 10 cara ampuh mengecek keaslian cincin emas putih :

1. Sebenarnya Emas Putih Juga Berbahan Emas Kuning

Sebenarnya emas putih juga merupakan emas kuning, namun mengalami perbedaan prosedur dalam pembuatannya. Pada dasarnya, emas putih memang memiliki warna kuning seperti biasa. Berkat perkembangan teknologi yang semakin maju, maka emas putih pun saat ini bisa dinikmati oleh para pencinta perhiasaan. Jadi, jika ingin mengetahui cincin emas putih yang dimiliki asli atau palsu bisa melihat kandungan aslinya.

2. Punya Campuran Logam Lain

Prosedur pembuatan emas putih cenderung cukup kompleks, karena membutuhkan pencampuran dengan jenis logam mulia lainnya. Jadi, jika cincin emas putih yang dimiliki cenderung kuat dan tidak rapuh, maka bisa jadi perhiasaan tersebut asli.

3. Memiliki Lapisan Rhodium

Rhodium merupakan salah satu bahan yang seringkali digunakan pada industri perhiasaan. Fungsi rhodium adalah untuk mengkilapkan suatu bahan menjadi semakin indah. Jika cincin emas putih yang Anda dapatkan atau beli ternyata dilapisi rhodium diluarnya, maka sudah tentu perhiasaan tersebut asli.

4. Memberikan Kilau Yang Khas

Emas putih memiliki keistimewaan khusus, yaitu dapat memberikan kilau yang khas. Sehingga membuatnya berbeda dengan platinum maupun titanium. Kilau itulah yang menjadi ciri utama dari emas putih. Selain itu, kilau tersebut tidak bisa ditiru oleh logam mulia lainnya.

5. Cap Halus Yang Khusus

Cincin yang terbuat dari emas putih asli memiliki cap halus yang khusus. Cap tersebut dibuat saat prosesnya, tapi tidak semua pengrajin membuatnya. Jadi, Anda harus lebih teliti saat ingin memiliki perhiasaan dari bahan khusus emas putih tersebut.

6. Cara Kuno Menggigit Emas Ternyata Ampuh

Dimasa lalu, kebanyakan orang menggunakan cara menggigit emas untuk bisa membuktikan keasliannya. Ternyata, hal tersebut adalah sesuatu yang masuk akal. Faktanya, emas putih juga bisa dicek keasliannya dengan cara yang sederhana ini. Jika terdapat luka yang diakibatkan oleh gigitan maka sudah bisa dipastikan perhiasaan tersebut palsu.

7. Menggunakan Magnet Untuk Mengecek Keaslian

Magnet merupakan salah satu media yang bisa Anda gunakan untuk mengecek keaslian emas putih. Jika cincin tersebut tertarik saat ada magnet maka kemungkinan besar perhiasaan tersebut palsu. Sebaliknya, jika cincin tersebut tetap berada di tempat meski ada magnet berkekuatan besar disebelahnya, itu berarti perhiasaan cincin yang dimiliki asli.

8. Emas Putih Tidak Mudah Tergores

Emas putih dibuat dengan prosedur yang cukup kompleks, sehingga membuatnya menjadi bajan metal yang tidak mudah tergores. Jadi, menggoresnya adalah cara lain untuk mengecek keaslian cincin emas putih. Lihat apakah ada bekas luka goresan? Jika tidak ada, maka bisa dipastikan cincin emas putih yang dimiliki asli.

9. Memiliki Sertifikat Keaslian

Toko atau penjual cincin emas putih yang asli akan memiliki sertifikat keaslian. Ini adalah cara ampuh karena sudah memperoleh jaminan dari pihak pembuatnya. Selain itu, adanya sertifikat juga dapat membantu menjaga kestabilan harga cincin emas putih yang dibeli.

10. Berkonsultasi Pada Ahli Emas Putih

Konsultasi kepada ahli emas putih adalah hal yang sangat direkomendasikan. Meski kesembilan cara diatas dapat membantu, namun saat dikerjakan oleh ahlinya tentu akan lebih mudah untuk bisa membedakan mana cincin emas putih yang asli dan mana yang palsu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *