April 24, 2024

Perkembangan arsitektur khususnya desain rumah sangat pesat. Saat ini, model rumah pun sangat beragam, bahkan banyak desain-desain unik yang sangat anti mainstream. Bagi yang ingin membangun rumah yang unik dan tidak biasa atau melakukan renovasi pada hunian yang dimiliki, ide-ide arsitektur rumah dari berbagai belahan dunia ini mungkin dapat membantu.

House Truck

Food truck atau kedai makanan dalam truk sangat mudah ditemui beberapa tahun belakangan, tetapi ternyata truk tidak hanya dapat dijadikan kedai mobile, namun juga rumah sederhana yang cocok ditempati oleh mereka yang masih berstatus lajang. Bagian dalam truk disulap menjadi kamar tidur, tempat makan, dan dapur sederhana. Praktis sekali.

Rumah Akar

Rooting house adalah bangunan rumah dengan desain menyerupai akar pohon yang kuat. Desain rumah seperti ini sedang populer di Eropa dan Jepang. Selain unik, pemilik rumah juga sekaligus dapat mengomersialkan hunian yang dimiliki sebagai homestay atau spot berfoto. Karena di Indonesia belum ada, maka yang pertama memilikinya pasti sangat bangga.

Rumah Kastil

Dongeng tidak hanya disenangi oleh anak-anak tetapi juga orang dewasa. Salah satu efek dari kegemaran terhadap kisah dongeng adalah keinginan memiliki tempat tinggal bak kastil-kastil yang indah dalam kisah tersebut. Di Indonesia sendiri rumah tinggal bak kastil mulai banyak ditemukan yang memberi kesan hunian tersebut tampak mewah dan megah.

Rumah Kontainer

Bukan rahasia lagi kalau membangun rumah memerlukan biaya yang besar. Untuk tipe perumahan sederhana saja dapat menghabiskan dana lebih dari 100 juta rupiah. Tetapi saat ini ada alternatif konsep rumah tinggal dengan biaya yang lebih terjangkau, yakni rumah kontainer, di mana sesuai namanya menggunakan kontainer bekas disulap sebagai rumah pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *